Kang Sofi

Knowledge Sharing is fun

Cara Melihat Link Asli Dibalik Short URL

Shorten URL
Cara Melihat Link Asli Dibalik Short URL - Halo sobat.. Selamat siang. Wah siang siang kek gini hujan mau bikin postingan agak males. Tapi gak papa lah, asal ada kopi.. Wkwkw apalagi kopinya bang Iwan, kopi bongkar (Top Coffee). Lebih nikmat dan bikin suasana hangat (bukan niat promosi loh).

Sobat udah tau apa itu 'Short URL' atau 'URL Pendek' atau juga 'Link Pendek' kan? Itu loh URL yang biasanya diawali dengan goo.gl, bit.ly, tinurl.com, dll. Dan link inilah yang saya yakin membuat sobat penasaran. Apalagi dikasih keterangan keterangan yang menggiurkan Wah wah wah wah.... Tapi sobat HARUS HATI HATI dengan URL itu, apalagi yang ngasih link tersebut orang atau oknum yang belum kita kenal.

Hanya kewaspadaan saja. Seperti kata pepatah 'Lebih baik mencegah daripada mengobati'. Pepatah ini bisa kita gunakan dalam dunia maya. Karena pelakunya tidak kita ketahui secara riil. Oke, kembali lagi. Link yang di perpendek seperti itu memang dapat memudahkan kita untuk berbagi. Apalagi kalau menggunakan media yang mempunyai keterbatasan karakter seperti SMS atau Twitter.

Namun sayang, dengan adanya URL shortener ini kerap disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan membuat jebakan dengan niat jahat atau mencari keuntungan pribadi dengan cara membuat link tersebut menjadi pendek. Seperti menyebarkan virus, link reverral dan lain lain.

Nah dengan melihat kasus kasus tersebut, Kang Sofi bermaksud mengajak sobat untuk berhati hati. Setidaknya dengan mengetahui URL aslinya akan meminimalisir dampak negatif tersebut, karena kita sudah tau apakah link itu spam atau bukan, bisa dipercaya aman atau tidak.

1. www.goo.gl 
Dengan menambahkan tanda + (plus) di belakang URL. Contoh url http://goo.gl/xxxxx tambahkan simbol + sehingga menjadi http://goo.gl/xxxxx+ atau sobat juga bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menambahkan /info/ di antara domain dan kode penyingkatnya sehingga menjadi seperti ini http://goo.gl/info/xxxxx.

2. www.bit.ly
Caranya sama seperti trik untuk goo.gl diatas, yaitu dengan menambahkan tanda + (plus) dibagian belakang URL. Contoh: http://bit.ly/xxxxxx ditambahkan tanda + (plus) menjadi seperti ini http://bit.ly/xxxxxx+.
3. www.tinyurl.com
Untuk tinyurl.com agak berbeda sedikit. Caranya yaitu dengan menuliskan preview. setelah http:// Contoh: http://tinyurl.com/xxxxxxx menjadi http://preview.tinyurl.com/xxxxxx.
Oke sekian dulu postingan saya kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua yaa.. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog Kang Sofi lagi ya. Sampai jumpa pada postingan postingan berikutnya.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips and Tricks / Tutorial Blog dengan judul Cara Melihat Link Asli Dibalik Short URL. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://laser-ijo.blogspot.com/2013/04/cara-melihat-link-asli-dibalik-short-url.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ahmad Sofihudin - 29 April 2013

3 komentar untuk "Cara Melihat Link Asli Dibalik Short URL"

  1. trimakasih gan atas pemberitahuan nya ini, dengan miyemak konten agan ini saya jadi lebih banyak mengerti. tenks.
    salam kami penamah berat badan

    ReplyDelete

Rule Komentar :
1. Berkomentarlah dengan sopan
2. Tidak boleh berkomentar yang mengandung SARA
3. Komentar dengan livelink akan di hapus

Contact Form

Name

Email *

Message *