Contoh Paragraf Induktif Generalisasi

Contoh Paragraf Induktif Generalisasi -  Selamat siang sobat... Gimana kabarnya nih... Sudah lama saya nggak posting di blog hampir setengah bulan. Oke, walaupun demikian akhirnya sekarang bisa posting juga. 

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Contoh Paragraf Generalisasi . Sobat sudah tau belum apa itu paragraf generalisasi? Paragraf Generalisasi adalah pola pengembangan paragraf yang menggunakan beberapa fakta khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat umum. Untuk memperjelas bisa sobat lihat contoh contoh dibawah ini :

Contoh 1
Setelah karangan anak-anak kelas tiga diperiksa, ternyata Ali, Toto, Alex, dan Burhan, mendapat nilai delapan. Anak-anak yang lain mendapat nilai tujuh. Hanya Maman yang enam dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang. Oleh karena itu, boleh dikatakan anak-anak kelas tiga cukup pandai mengarang.

Contoh 2
Untuk mendapatkan komputer dengan kinerja yang memuaskan, kita wajib membeli hardware dan meng-upgrade software dengan baik. Bukan hanya itu saja, semua komponen komputer haruslah dirawat dengan baik agar tidak terjadi kerusakan. Dan pemakaian komputer haruslah baik, mulai dari penataan cahaya, suhu udara dan lama komputer dalam keadaan aktif. Jangan sampai komputer dalam keadaan menyala, tetapi tidak diakses. Jadi, untuk mendapatkan kinerja maksimal, memuaskan dan awet kita harus benar-benar memperhatikan komputer kita.

Contoh 3
Saya melihat orang-orang asyik membaca koran di halte bus. Kegiatan serupa juga saya jumpai di peron stasiun kereta api. Saat saya jalan-jalan di taman hal yang sama juga saya lihat orang duduk bersantai sambil membaca koran. Bahkan, ketika saya keluar ruang dan sampai di trotoar, saya melihat berderet anak sekolah, kawula muda, dan orang dewasa semua sedang membaca. Jadi, banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk membaca.

Contoh 4
Sejak hari senin kemarin, gunung merapi mulai mengepulkan asap. Gempa-gempa kecilpun mulai dapat dirasakan di Klaten dan wilayah lain sekitar gunung Merapi. Sumber mata air juga mulai mengering. Jadi, dapat di prediksi gunung Merapi akan meletus dalam jangka waktu dekat.

4 Komentar untuk "Contoh Paragraf Induktif Generalisasi"

  1. serasa kembali beljar masa SMA, tapi kalo di tempat kerja saya, ini ngga dipakai lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... Kalo kerjanya jadi guru insya Alloh kepake mas :-)

      Hapus
  2. Enggg ini pelajaran SMA kelas X kalau ga salah yaa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masaa... Ane baru dapat pelajaran ini ketika kelas XII gan, mungkin beda dengan sekolahan agan hehe... :-)

      Hapus

Rule Komentar :
1. Berkomentarlah dengan sopan
2. Tidak boleh berkomentar yang mengandung SARA
3. Komentar dengan livelink akan di hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel