Tradisi Mbesan pada Masyarakat Jawa


Apa itu mbesan? Mbesan berasal dari kata besan. Dalam KBBI be·san /bésan/ n berarti 1 orang tua dari menantu (baik menantu laki-laki maupun perempuan); 2 hubungan keluarga antara dua orang tua yang terjadi karena anak mereka kawin.

Sedangkan mbesan adalah tradisi masyarakat  jawa dimana keluarga besar calon mempelai pengantin  pria bertandang/datang ke rumah calon mempelai pengantin wanita di hari pernikahan, iring iringan keluarga kerabat laki laki pengantin pria saling bergotong royong membantu membawa keperluan dapur seperti ,beras, kelapa, minyak sayur, kambing, peralatan dapur kukusan, irus, gayung, ceting, cepon, rinjing. Dan untuk kerabat wanita, pengantin laki laki membawakan makanan kue basah,kue kering, pakaian,seperangkat alat sholat, skincare, sepatu, dan aksesoris/perhiasan. 

Setelah rombongan besan sampai di kediaman halaman rumah mempelai wanita rombongan disambut oleh keluarga besar pengantin wanita dengan senang hati. 

Tradisi mbesan sampai saat ini masih dilakukan oleh sebagian masyarakat Jawa Tengah. Seiring dengan perkembangan zaman, di beberapa daerah keperluan dan peralatan dapur diganti dengan sejumlah uang dengan alasan lebih praktis.

Demikianlah tradisi acara mbesan. Semoga yang belum dapat pasangan di dekatkan dan segerakan. Amin

Belum ada Komentar untuk "Tradisi Mbesan pada Masyarakat Jawa"

Posting Komentar

Rule Komentar :
1. Berkomentarlah dengan sopan
2. Tidak boleh berkomentar yang mengandung SARA
3. Komentar dengan livelink akan di hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel